Jumat, 27 September 2013

Manfaat Ilmu Filsafat Dalam Bahasa Dan Sastra Perancis

Dalam http://alhelya746.blogspot.com/2013/05/manfaat-belajar-filsafat.html, dijela skan bahwa ilmu filsafat memiliki manfaat-manfaat umum yang sejalan dengan ilmu-ilmu bahasa dan sastra atau memiliki andil dalam pendalaman ilmu-ilmu bahasa dan sastra. Berikut adalah manfaat ilmu filsafat dalam pendalaman ilmu bahasa dan sastra Perancis. 

Filsafat membantu kita mengerti tentang diri kita sendiri dan dunia kita, karena filsafat mengajarkan bagaimana kita bergulat dengan pertanyaan-pertanyaan mendasar.

Manfaat ini juga sejalan dengan jurusan sastra perancis, yaitu kita dapat belajar memberikan sebuah pernyataan yang sesuai dengan apa yang kita alami dan kita rasakan. Contoh : Jika kita merasa baik-baik saja saat orang menanyakan kabar kita, maka kita akan menjawab dengan Je vais bien, merci (Saya baik-baik saja, terimakasih).

Filsafat membantu kita memahami bahwa sesuatu tidak selalu tampak seperti apa adanya. Manfaat ini pun berhubungan dengan sastra Perancis. Masalahnya, Di Dalam percakapan informal atau percakapan sehari-hari bahasa prancis, ada banyak ungkapan-ungkapan yang berarti orang tersebut (yang kita tanya) merasa ada sesuatu yang kurang beres, dia memberitahu kita tetapi tidak 100 % dan dia ingin kita lebih peka terhadap ungkapan-ungkapannya.

Contoh : saat kita menanyakan kabar seorang teman, tidak jarang akan ada jawaban seperti comme ci, comme ca. Yang berarti dia sedang ada masalah, tapi tidak ingin memberi tahu lebih lanjut KECUALI jika kita menanyakannya. Disinilah hubungan antara manfaat tersebut dan bahasa prancis.

Filsafat mengembangkan kemampuan kita dalam:

Menalar secara jelas. Kemampuan ini sudah jelas harus dikuasai bagi mereka yang terjun kedalam sastra perancis. Jika kita tidak menguasai kemampuan penalaran, kita akan sulit dalam memahami apa yang orang lain bicarakan.

Membedakan argumen yang baik dan yang buruk. Kemampuan menilai argumen juga sangat bermanfaat dalam jurusan sastra perancis. Pasalnya, kita harus mengerti dahulu apa maksud dan tujuan dari perkataan yang muncul dari si-penanya, baru setelah kita paham, kita dapat menjawab pertanyaan tersebut. Jika kita tidak menguasai kemampuan ini, akan terjadi kesalahpahaman.

Menyampaikan pendapat (lesan dan tertulis) secara jelas. Sudah tentu hal ini harus dikuasai oleh orang sastra. Terlebih lagi dalam bahasa Prancis yang cukup sulit. Ada banyak kata dalam bahasa prancis yang diucapkan berbeda dengan apa yang dituliskan. Oleh sebab itu, kemampuan ini sangat wajib.
 
Melihat sesuatu melalui kacamata yang lebih luas. Orang sastra harus menguasai kemampuan ini. Sebab, Sastra bukan hanya bahasa, tapi juga mengandung adat, kebiasaan, budaya, dan nilai serta norma masyarakat asing.

Kemampuan-kemampuan dan manfaat-manfaat ilmu filsafat yang saya sebutkan diatas sengat memiliki keterkaitan dengan ilmu bahasa dan sastra prancis. Seperti yang saya tulis diatas, ilmu filsafat memiliki banyak manfaat bagi mereka yang terjun kedalam ilmu bahasa dan sastra. Terutama bagi mereka yang menekuni sastra Perancis. Sekian, Imam Setiyo. -
About The Author
Bie, that's my name. Im just an ordinary blogger.Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id. Eam no corpora maluisset definitiones.
Share This
Subscribe Here

0 Komentar:

Posting Komentar

Jual Ebook Murah Berkualitas, dan juga menjual Buku Bekas murah Berkualitas, Imam Setiyo. Komentar yang membangun sangat dibutuhkan, demi tercapainya masyarakat yang kritis, cerdas, dan berjiwa konstruktif. -ImamMrAymem. Tiada gading yang tak retak. Seperti diatas begitu juga dibawah. Seperti didalam begitu juga diluar. Penulis mengharapkan kritik, saran serta opini dari Anda pembaca yang terhormat. Email : mr.aymem@yahoo.com atau di nomor 0838 7561 9431. Terima Kasih.

 

[Life] Le Blog D'Imam Setiyo │ Copyright © 2009 │ Dikelola Oleh Imam Setiyo │ Menggunakan Template Blog "DarkfolioZ" Yang Dipersembahkan Oleh "Bie Blogger Template" Dan "Ipietoon" │ Blog Ini Milik Imam Setiyo Dan Dikelola Untuk Keperluan Pribadi, Bisnis, Hobi, Pendidikan, Sharing Serta Publikasi Karya Pribadi │ Hal-hal Yang Berkaitan Dengan Publikasi Yang Ada Di Blog Ini Dapat Dikomunikasikan Secara Langsung Dengan Pemilik Blog Lewat Twitter, Twitter, Maupun Lewat 0813-1830-3377 (WhatsApp, Telegram, SMS) │ Akhir Kata, Selamat Mengunjungi Blog Saya Ini Serta Blog Saya Yang Lainnya │ Lihat Juga : Bisnis Pulsa ElektrikOtodidak Bahasa InggrisEnglish ConversationEnglish For Academic PurposesPenghasilan TambahanCara Mudah Bayar TagihanBeasiswa │ -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------