Kamis, 04 Desember 2014

Resensi ke-2 Saya Di Koran Jakarta (1)

Sisi Psikologis Penyakit Krisis Kepercayaan Diri

Resensi ke-2 Lolos Koran Jakarta (Sebelum Editing pihak redaksi) edisi Kamis, 04 Desember 2014 "Sisi Psikologis Penyakit Krisis Kepercayaan Diri"

Koran Jakarta - Dewasa ini, sebagian remaja hidup dalam ketidakpastian, krisis jati diri, ancaman narkoba dan miras, serta kepercayaan diri yang rendah. Kondisi seperti ini menyebabkan para remaja sangat rentan terhadap narkoba dan buruknya pergaulan bebas, yang ujung-ujungnya berakibat pada suramnya masa depan mereka. Padahal, persaingan kerja di masa mendatang amat sangat sengit. Mereka yang sudah bersiap diri saja masih kesulitan dalam bersaing, apalagi mereka yang krisis kepercayaan diri, tentunya akan tambah sulit untuk memenangi kerasnya persaingan.

Judul : Satu Hari Menjadi Lebih Percaya Diri
Penulis : Derry Iswidharmanjaya & Jubilee Enterprise
Penerbit : Elex Media Komputindo, Jakarta
Cetakan : I, November 2014
Tebal : 193 halaman
ISBN : 978-602-02-5064-9
Harga : Rp39.800

Derry Iswidharmanjaya & Jubile Enterprise memahami dengan baik masalah tersebut dan mencoba menyadarkan para remaja dan orang tua tentang buruknya akibat dari krisis kepercayaan diri dari sudut pandang psikologis. Derry menyebutkan bahwa kepercayaan diri adalah pondasi yang sangat penting untuk menggapai kesuksesan dalam bidang apapun. Dia Banyak menuliskan kata-kata bijak dalam bukunya Satu Hari Menjadi Lebih Percaya Diri ini.

Rasa percaya diri yang rendah itu bagaikan menyelami kehidupan dengan tangan yang patah. Segala sesuatu akan tampak mungkin untuk dilakukan, jika kita punya keberanian dan kepercayaan diri”. (Hal. 46)

Sarjana psikologi Universitas Sanata Darma ini menambahkan, rata-rata krisis kepercayaan diri disebabkan oleh bayangan kegagalan di masa lalu. Oleh sebab itu, Derry berpendapat bahwa untuk mendapatkan rasa percaya diri yang tinggi, kita harus berkonsentrasi pada kesuksesan yang telah kita raih, dan membuang jauh-jauh bayang-bayang kegagalan yang kita alami di masa lalu. (Hal. 4)
Lebih lanjut, psikolog dan penulis produktif ini menjelaskan penyebab-penyebab lain munculnya penyakit krisis kepercayaan diri, salah satunya yaitu kecenderungan untuk mengeluh dan menyesali kegagalan. Menurutnya, mengeluh dan menyesal akan berakibat fatal terhadap produktifitas dan hidup seseorang.

orang-orang di sekitarmu tak punya waktu untuk dirimu jika kamu terus-menerus mengeluh”. (Hal. 59). “Masa depan hanyalah untuk mereka yang mau bekerja keras. Tidak ada waktu untuk menyesal. Tidak ada waktu untuk mengeluh. Kita harus bekerja keras. Kita harus bekerja keras”. (Hal. 35)

Tidak hanya meningatkan para remaja, peneliti bidang psikologi populer ini pun mencoba memberikan penjelasan bagi para orang tua terkait dengan masalah krisis kepercayaan diri yang dialami anak-anaknya. Hal ini terlihat dari dua ungkapan menyentuh berikut: “Guru yang utama dalam pembentukan karakter sang anak adalah orang tuanya sendiri”. (Hal. 96). “Jika Seorang remaja tak punya rasa percaya diri, maka dia akan terjerumus mengikuti arus begitu saja tanpa daya, dan pada akhirnya dia tidak tahu dimana ia harus berpijak”. (Hal. 116)

Dari semua materi dalam buku Satu Hari Menjadi Lebih Percaya Diri ini, ada sebuah ungkapan yang sangat menyentuh: “Kelemahan terbesar kita adalah, kita terlalu cepat untuk menyerah. Untuk menggapai kesuksesan, kita harus selalu berusaha, terus-menerus, kontinyu, dan tanpa kenal lelah”. (hal. 149)

Derry Iswidharmanjaya & Jubile Enterprise berhasil menyadarkan kita akan pentingnya kepercayaan diri dalam hidup. Mereka menjelaskan secara tepat perbedaan antara orang yang percaya diri dan yang tidak percaya diri. Banyak sekali ungkapan bijak di setiap halamannya. Meski banyak ungkapan yang sulit dimengerti dan berfilsafat, buku ini mampu menyentuh hati para pembacanya. Buku psikologi populer ini cocok untuk semua pembaca, mulai dari remaja sampai orang tua.

Judul : Satu Hari Menjadi Lebih Percaya Diri
Penulis : Derry Iswidharmanjaya & Jubilee Enterprise
Penerbit : Elex Media Komputindo, Jakarta
Cetakan : I, November 2014
Tebal : 193 halaman
ISBN : 978-602-02-5064-9
Harga : Rp39.800
Diresensi oleh Imam Setiyo,
Pengemudi Gojek
About The Author
Bie, that's my name. Im just an ordinary blogger.Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id. Eam no corpora maluisset definitiones.
Share This
Subscribe Here

0 Komentar:

Posting Komentar

Jual Ebook Murah Berkualitas, dan juga menjual Buku Bekas murah Berkualitas, Imam Setiyo. Komentar yang membangun sangat dibutuhkan, demi tercapainya masyarakat yang kritis, cerdas, dan berjiwa konstruktif. -ImamMrAymem. Tiada gading yang tak retak. Seperti diatas begitu juga dibawah. Seperti didalam begitu juga diluar. Penulis mengharapkan kritik, saran serta opini dari Anda pembaca yang terhormat. Email : mr.aymem@yahoo.com atau di nomor 0838 7561 9431. Terima Kasih.

 

[Life] Le Blog D'Imam Setiyo │ Copyright © 2009 │ Dikelola Oleh Imam Setiyo │ Menggunakan Template Blog "DarkfolioZ" Yang Dipersembahkan Oleh "Bie Blogger Template" Dan "Ipietoon" │ Blog Ini Milik Imam Setiyo Dan Dikelola Untuk Keperluan Pribadi, Bisnis, Hobi, Pendidikan, Sharing Serta Publikasi Karya Pribadi │ Hal-hal Yang Berkaitan Dengan Publikasi Yang Ada Di Blog Ini Dapat Dikomunikasikan Secara Langsung Dengan Pemilik Blog Lewat Twitter, Twitter, Maupun Lewat 0813-1830-3377 (WhatsApp, Telegram, SMS) │ Akhir Kata, Selamat Mengunjungi Blog Saya Ini Serta Blog Saya Yang Lainnya │ Lihat Juga : Bisnis Pulsa ElektrikOtodidak Bahasa InggrisEnglish ConversationEnglish For Academic PurposesPenghasilan TambahanCara Mudah Bayar TagihanBeasiswa │ -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------