Rabu, 17 Desember 2014

Resensi Ke-3 Saya Di Koran Jakarta (1)

Urgensi Kebijaksanaan dalam Mengatasi Masalah Remaja
Resensi ke-3 Lolos Koran Jakarta (Sebelum Editing pihak redaksi) edisi Kamis, 11 Desember 2014 "Urgensi Kebijaksanaan dalam Mengatasi Masalah Remaja". Resensi ini adalah naskah sebelum editing pihak redaksi. Untuk naskah yang telah lolos ke harian koran jakarta -yang telah melalui proses editing redaktur, KLIK DISINI


 
Judul : No More Galau, Saatnya yang Muda Jadi Bijaksana 
Penulis : Rico dan @Nasehatsupers
Penerbit : Transmedia Jakarta 
Cetakan : I, Desember 2014 
Tebal : 186 halaman 
ISBN : 978-979-799-293-4 
Harga : Rp38.000

Pada masa kekinian, kita tentu hafal betul masalah apa saja yang dialami para remaja. Mulai dari soal cinta, persahabatan, pekerjaan, pencarian jati diri, sampai masalah narkoba dan miras. Buku No More Galau mengupas berbagai macam masalah pelik tersebut beserta solusinya. Setiap masalah pasti ada solusinya. Namun, menurut Rico ―sang penulis, solusinya cuma satu yaitu kebijaksanaan (kover depan)

Penulis kreatif itu berpendapat bahwa kunci dari kehidupan ini ada di dalam diri kita sendiri. Kita-lah yang bertanggung jawab atas hidup kita sendiri. Bukan orang lain (Halaman 14)

Jika ditarik ke belakang, pendapat tersebut sejalan dengan pemikiran salah seorang filsuf besar Prancis Jean Jacques Rousseau, bahwa yang menentukan jati diri seseorang bukanlah unsur di luar dirinya, melainkan diri dan pemikirannya sendiri.

Lebih lanjut, anak muda yang sudah mengalami asam garam hidup itu mengatakan, masalah ‘pola pokir’ turut memperburuk kehidupan remaja. Menurutnya, remaja amat mudah menyerah saat jatuh ditimpa masalah. “Ini harus diubah!”, kata Rico. Kita harus optimis. Orang optimis melihat masalah sebagai peluang. Sedangkan orang pesimis melihat masalah sebagai hambatan (Halaman 10)

Soal pola pikir, tentunya setiap orang punya pendapat masing-masing. Tapi sebagai remaja yang rutin memotivasi orang lain, Rico paham betul masalah ini. Ada satu nasehat dari sang penulis yang pas di hati: “Besarkanlah mentalmu maka masalahmu akan jadi kecil. Kecilkanlah mentalmu maka masalahmu akan jadi besar. Jangan pernah mundur satu langkah pun!” (Halaman 15)

Selain memotivasi, remaja optimistis itu juga menyarankan ―lebih tepatnya menyindir― para remaja dalam tulisannya: “Mikirin pacar berhari-hari bisa. Sedih karena putus cinta juga bisa. Tapi kenapa mengingat Tuhan dan bersujud padaNya gak bisa?” (halaman 18)

Selain soal pola pikir dan sindiran tadi, pria yang pantang menyerah itu kembali menyadarkan kita perihal kebijaksanaan dalam tulisannya: “Janganlah bangga dan sombong karena kekayaan kita. Itu hanya titipan dariNya. Kadang Tuhan menguji kita dengan hal menyenangkan. Banyak orang gagal justru karena harta. Harusnya kita sadar bahwa semua itu hanya titipan-Nya” ―termasuk jiwa kita (halaman 147). “Banyak masalah yang akan datang menghampiri kita. Banyak cobaan yang akan menguji kekuatan kita. Tapi, masalah tidak akan jadi besar bila masalah tersebut tidak dibesar-besarkan.” (halaman 176).

Tema lain yang diangkat oleh mantan pengusaha warung mi ayam itu adalah perihal karma. “Kita akan menerima balasan atas semua perbuatan yang kita lakukan. Ketika kita melakukan kebaikan, maka kita akan mendapatkan kebaikan. Kita tidak boleh menyalahkan Tuhan karena Dia telah menyiapkan balasan yang tepat atas apa yang telah kita lakukan. Dengan demikian, lakukanlah kebaikan sebanyak-banyaknya dan tunggulah balasan dariNya.” (halaman 151).

Sebagai penutup, Rico menulis sebuah pertanyaan yang membuat kita terdiam membisu: “Apa sih sebenarnya yang kamu cari dalam hidup ini?” (halaman 16).

Buku No More Galau penuh dengan kata bijak, gambar ilustrasi dan cerita motivasi sebagai representasi dari rumitnya kehidupan manusia. Buku ini juga penuh dengan bahasa pengantar dan ungkapan santai khas anak muda. Meskipun didalamnya banyak ungkapan yang kurang sopan, buku ini mampu menyentuh lubuk hati pembacanya. Buku No More Galau cocok untuk anak muda, terutama mereka yang doyan galau.

Judul : No More Galau, Saatnya yang Muda Jadi Bijaksana 
Penulis : Rico dan @Nasehatsupers
Penerbit : Transmedia Jakarta 
Cetakan : I, Desember 2014 
Tebal : 186 halaman 
ISBN : 978-979-799-293-4 
Harga : Rp38.000
Diresensi oleh Imam Setiyo 
Pengemudi Gojek
About The Author
Bie, that's my name. Im just an ordinary blogger.Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id. Eam no corpora maluisset definitiones.
Share This
Subscribe Here

0 Komentar:

Posting Komentar

Jual Ebook Murah Berkualitas, dan juga menjual Buku Bekas murah Berkualitas, Imam Setiyo. Komentar yang membangun sangat dibutuhkan, demi tercapainya masyarakat yang kritis, cerdas, dan berjiwa konstruktif. -ImamMrAymem. Tiada gading yang tak retak. Seperti diatas begitu juga dibawah. Seperti didalam begitu juga diluar. Penulis mengharapkan kritik, saran serta opini dari Anda pembaca yang terhormat. Email : mr.aymem@yahoo.com atau di nomor 0838 7561 9431. Terima Kasih.

 

[Life] Le Blog D'Imam Setiyo │ Copyright © 2009 │ Dikelola Oleh Imam Setiyo │ Menggunakan Template Blog "DarkfolioZ" Yang Dipersembahkan Oleh "Bie Blogger Template" Dan "Ipietoon" │ Blog Ini Milik Imam Setiyo Dan Dikelola Untuk Keperluan Pribadi, Bisnis, Hobi, Pendidikan, Sharing Serta Publikasi Karya Pribadi │ Hal-hal Yang Berkaitan Dengan Publikasi Yang Ada Di Blog Ini Dapat Dikomunikasikan Secara Langsung Dengan Pemilik Blog Lewat Twitter, Twitter, Maupun Lewat 0813-1830-3377 (WhatsApp, Telegram, SMS) │ Akhir Kata, Selamat Mengunjungi Blog Saya Ini Serta Blog Saya Yang Lainnya │ Lihat Juga : Bisnis Pulsa ElektrikOtodidak Bahasa InggrisEnglish ConversationEnglish For Academic PurposesPenghasilan TambahanCara Mudah Bayar TagihanBeasiswa │ -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------